Ditziad Bantu Masyarakat Terkena Bencana Banjir DKI Jakarta

Wilayah Jabodetabek sejak Rabu malam (16/1) hingga Kamis (17/1), terus-menerus diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sehingga menyebabkan volume air meningkat di sejumlah sungai dan tanggul di Jakarta. Akibat meluapnya air sungai, serta jebolnya tanggul Latuharhari, DKI Jakarta dikepung banjir dengan kedalaman bervariasi dengan titik tertinggi hingga kedalaman 4 meter.

Akibat banjir yang terjadi, perekonomian dan transportasi di Jakartamenjadi lumpuh total. Masyarakat di pemukiman yang terkena banjir terpaksa mengungsi ke tempat yang aman. Di pengungsian, para korban banjir masih harus berhadapan dengan beberapa permasalahan baru seperti kekurangan logistik bahan makanan dan pakaian, rentan terserang penyakit, serta tumpukan sampah yang tadinya menyumbat  Sungai Ciliwung kini bertebaran di jalan raya, yang tentunya makin memperburuk higienitas lingkungan di sekitar para korban.

Menanggapi bencana banjir yang terjadi, Direktorat Zeni Angkatan Darat (Ditziad) tak tinggal diam dan segera turun langsung ke lapangan membantu masyarakat yang menjadi korban banjir, sebagai bentuk kepedulian Ditziad pada khususnya dan TNI AD pada umumnya terhadap masyarakat yang menjadi korban banjir.

Untuk membantu evakuasi kendaraan-kendaraan yang mogok karena terjebak banjir, Ditziad mengerahkan 7 unit truck di sepanjang jalan Sudirman – Thamrin, disamping juga difungsikan sebagai moda transportasi alternatif bagi masyarakat yang akan melintasi wilayah tersebut, karena transportasi publik lumpuh total. Delapan tenda serbaguna juga didirikan di sepanjang jalan Jatinegara Barat, yang difungsikan sebagai tenda pengungsian maupun Posko Kesehatan dan Bhakti Sosial. Enam buah Rakit dari drum dan beberapa perahu karet (LCR) pun turut dioperasikan guna membatu evakuasi warga maupun sebagai sarana pembawa logistik bantuan bagi para korban. Sedangkan untuk membersihkan sampah-sampah yang menyumbat sungai Ciliwung di wilayah Kalibata, Ditziad mengerahkan alat berat berupa Excavator dan Dump Truck.

Posting Terkait