PERAN ZENI AD DALAM PENANGGULANGAN BENCANA ASAP DENGAN METODE BLOCKING CANAL

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri kabinet Kerja, menyimak penjelasan Direktur Direktorat Zeni Angkatan Darat Brigjen TNI Irwan mengenai pembangunan ‘blocking kanal’ di Desa Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng.

Wilayah itu kemudian dikembangkan sebagai proyek percontohan penanganan kebakaran lahan dan hutan dengan cara pembuatan kanal bersekat.

Dalam proyek itu kanal primer yang dibangun sepanjang 300 m di 28 titik dengan 1,5 m lebar dan kedalaman 3 m, kanal sekunder sepanjang 7 km dengan posisi kanan dan kiri jalan berukuran lebar 4 m dan kedalaman 6 m, Sementara kanal tersier antar embung dibuat sepanjang 7 km dengan lebar 1 m dan kedalaman 1 m. Sedangkan embung besar berukuran 20x30x6 m di 2 titik dan embung kecil berukuran 10x10x3 m di 28 titik.

Fungsi embung tersebut sebagai tempat penampungan air sehingga kanal tidak kering saat kemarau. Material untuk blocking yakni pasir dan tanah, Selain di Pulang Pisau, proyek serupa akan dikembangkan di Sumatera Selatan meliputi Ogan Kemering Ilir dan Musi Banyuasin.

Posting Terkait