Home / Buletin Militer / PEMBANGUNAN DAN PENINGKATAN JALAN WAMENA MUMUGU (PPJWM)

PEMBANGUNAN DAN PENINGKATAN JALAN WAMENA MUMUGU (PPJWM)

Sejak bergabungnya Papua ke dalam  bingkai NKRI pada 1 Mei 1963, pemerintah telah banyak melakukan upaya pembangunan infrastruktur khususnya jalan di wilayah Papua.Rencana pembangunan pemerintah tersebut dituangkan dalam program Nawa Cita.    Nawa Cita merupakan program pembangunan pemerintah yang terdiri dari Sembilan cita – cita pembangunan nasional. Dimana salah satu cita – cita tersebut adalah prioritas pembangunan di daerah tertinggal, wilayah perbatasan dan pedalaman yang sangat sulit aksesibilitasnya.

Pembangunan jalan Trans Papua memiliki urgensi yang sangat tinggi apabila dikaitkan dengan program Nawa Cita yang direncanakan pemerintah. Dengan dibukanya jalan dan infrastruktur pendukung lainnya, maka akan dapat meningkatkan produktivitas komoditas perdagangan dan proses produksi primer menjadi sekunder dan tersier.

Namun demikian pembangunan infrastruktur di wilayah Papua tidaklah semudah pembangunan wilayah lain di Indonesia. Terdapat banyak kendala dalam pembangunan di Papua antara lain kondisi medan serta cuaca yang sangat bervariasi dan sulit diprediksi.Dengan pertimbangan banyaknya kendala yang ada dalam pembangunan infrastruktur jalan di daerah Papua, maka Presiden Joko Widodo member kepercayaan kepada TNI untuk ikut berpartisipasi membantu tugas Kementrian PUPR dalam membangun jalan Trans Papua dari Wamena sampai Mumugu sepanjang 263 km. Pelibatan TNI ini sesuai dengan yang tercantum dalam Undang Undang No 34 tahun 2004 tentang TNI.

Dengan tingginya urgensi tugas ini, Kasad Jenderal TNI Mulyono member atensi khusus kepada Dirziad selaku pelaksana pembangunan jalan Trans Papua. Pelaksanaannya ditugaskan kepad aprajurit Zeni TNI AD dan melibatkan beberapa satuan.

Selain itu, pelibatan TNI dilakukan karena pembangunan jalan Trans Papua memiliki nilai strategis tinggi yang secara langsung akan mempengaruhi kesejahteraan masyarakat Papua serta mendukung tugas pokok TNI dalam menjaga keutuhan wilayah dan kedaulatan bangsa.

Peta ruas jalan Trans Papua yang telah dikerjakan oleh TNI pada tahun 2016 sepanjang 31,25 Km dan pada tahun 2017 sepanjang 28 Km. Sehingga total dari tahun 2016 hingga 2017 pembangunan jalan yang sudah dilaksanakan adalah sepanjang 59,25 K.

Ruas jalan yang di kerjakan antra lain :

  1. Ruas Mumugu-Batas Batu II
  2. Ruas Habema – Kenyam – Bats Batu
  3. Rekonstruksi Jalan Habema-Kenyam
  4. Pembangunan Jalan Kenyam-Habema

                            

 

About admin