Home / Buletin Militer / PEMBANGUNAN JALAN PARALEL PERBATASAN KALIMANTAN (PJPPK)

PEMBANGUNAN JALAN PARALEL PERBATASAN KALIMANTAN (PJPPK)

Dalam kurun waktu tiga tahun belakangan ini (2015-2017) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah berhasil membuka jalan baru sepanjang 520,85 kilometer (Km) di perbatasan Kalimantan. Infrastruktur jalan baru ini mendukung pembangunan kawasan perbatasan sebagai berandater depan negara yang menjadi program prioritas Kementerian PUPR.

Pembangunan kawasan perbatasan meliput iPos Lintas Batas Negara (PLBN), infrastruktur permukiman dan jalan paralel perbatasan. Pembangunan proyekini sesuai dengan salah satu Program Nawa Cita yaitu membangun daerah pinggiran dalam rangka menjaga Negara Kesatuan Republik  Indonesia (NKRI).Desa-desa di kawasan perbatasan memerlukan jaringan jalan yang terhubung dengan jalan yang sudah ada. Jaringan jalan perbatasan merupakan infrastruktur yang bernilai strategis dalam fungsi pertahanan dan keamanan negara.

 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama ZENI TNI AD terus membangun jalan- jalan perbatasan guna menunjang konektivitas menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) serta dalam rangka mendukung tugas pokok TNI dalam rangka menjaga kedaulatan serta keutuhan wilayah NKRI.

 

Menteri PUPR Basuki Hadi muljono mengatakan pembangunan jalan paralel perbatasan yang dilakukan bersama Zeni TNI, membentang dari Kalimantan Utara (Kaltara) hingga Kalimantan Barat (Kalbar) sepanjang1.900 Km. Hingga akhir tahun 2017 total jalan yang berhasil ditembus mencapai 1.582 Km. Sisa jalan yang belum tembus sepanjang 318 Km akan dituntaskan pada 2018.

Basuki mengaku optimistis dapat menyelesaikan pekerjaan jalan perbatasan bersama dengan ZENI AD sepanjang 1.900 Km tersebut hingga akhir tahun 2018 atau selambatnya awal 2019.

 DATA KEGIATAN PJPPK

Jalan perbatasan Kalimantan sepanjang 1.900 Km berada di Kalbar sepanjang 849 Km, Kaltim 223 Km dan Kaltara 827 Km. Untuk jalan perbatasan Kalbar, dari 849 Km sisa yang belum tembus adalah 107 Km. Sementara dari 742 Km jalan yang sudah tembus, 289 Km sudah dalam kondisi beraspal.

About admin