Home / Buletin Militer / Alutsista TNI : Bozena 4 Robot Penghancur Ranjau Andalan Zeni TNI AD

Alutsista TNI : Bozena 4 Robot Penghancur Ranjau Andalan Zeni TNI AD

Perkembangan situasi global khususnya perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap kemampuan militer termasuk yang berkaitan dengan penanggulangan ancaman dan gangguan yang timbul karena penggunaan ranjau anti personel (AP) maupun ranjau anti tank (AT). Kemajuan teknologi yang demikian pesat tersebut dimanfaatkan dalam dunia milter sehingga korban yang timbul dari kegiatan tersebut sedapat mungkin dapat dihindari.

Salah satu alat penyapu ranjau anti personel (AP) maupun ranjau anti tank (AT) yang modern telah diciptakan yaitu Mini Mine Clearance Sistem (MMCS) Bozena-4. Alat ini adalah robot yang digerakkan dari jarak jauh menggunakan alat kendali (Remote Control) oleh manusia sehingga dalam proses pembersihan ranjau tidak akan terjadi korban jiwa manusia.

Mini Mine Clearance Sistem (MMCS) adalah gabungan dari sekumpulan alat-alat yang dimaksudkan untuk dapat dibawa dengan cepat ke lokasi-lokasi pembersihan ranjau. Alat ini digunakan untuk pembersihan ranjau di permukaan tanah pada daerah yang telah dikuasai atau situasi damai, dengan bantuan alat pemukul yang dipasang pada quick-speed clamp dari prime mover B4 – L 1203 RC yang dikendalikan dari jarak jauh untuk menghancurkan ranjau anti personel dan ranjau anti tank.Alat ini juga dapat digunakan untuk membersihkan semak belukar, tanaman perdu, atau untuk pembersihan bahan-bahan beracun dan bahan-bahan lain yang membahayakan kesehatan manusia.

            Mini Mine Clearance Sistem (MMCS) Bozena-4 didesain khusus untuk kegiatan penyapu ranjau anti personel (AP) maupun ranjau anti tank (AT) dalam kondisi damai.Alat penyapu ranjau ini memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Terdiri dari dua bagian yang meliputi:

            1).        Alat utama yaitu prime mover B4 – L 1203 RC.

            2)         Alat penyapu ranjau yaitu Flail unit FU-2.

  • Ranjau anti personel (AP) maupun ranjau anti tank (AT) dibersihkan atau diledakkan menggunakan alat pemukul yang terdapat pada alat penyapu ranjau dimana alat pemukul diputar dengan kecepatan 350 s.d. 500 rpm dan diarahkan ke tanah, bila ada ranjau yang terkena alat pemukul yang berputar, ranjau akan meledak.

Transmitter Remote Control (RC).Remote control unit ditempatkan dalam kotak tersendiri.Keyboard dengan tombol-tombol terletak di bagian permukaan.Pada setiap tombol terdapat lampu indikator LED warna merah. Tampilan  4-baris huruf adalah bagian integral dari keyboard. Pada setiap baris huruf dapat menampilkan 20 characters.Tampilan ini dilengkapi dengan background bersinar yang dapat diatur hingga 4 tingkat.2 buah joysticks berada di sebelah kiri dan kanan dari keyboard.Tombol 4-position berada di sisikanan RC unit.RC berfungsi untuk mengendalikan pergerakan Prime Mover dan Flail unit.

Cara kerja dan petunjuk pemakaian alat digunakan untuk membersihkan ranjau anti personel dan ranjau anti tank yang ditanam ditanah.Penggunaan alat secara benar dimulai dari pengecekan sebelum penggunaan selama dan sesudah penggunaan sehingga alat dapat digunakan secara efiktif dan efisien.

          Itulah sekilas tentang data Bozena-4 yang sudah ada di salah satu Batalyon Zeni Tempur Angkatan Darat, dilain sisi Subditbin Tiknikzi Ditziad sudah memulai membuat buku pedoman tentang material Zeni dalam hal ini penulis sering berkoordinasi dengan Letkol Czi Rudi Kusnandar Nrp 30125 Kabag Tik Anezi Subditbintiknizi Ditziad.

 

Gambar Mini Mine Clearance Sistem (MMCS)Bozena-4

Video Bozena 4 in NIGER

About admin

Check Also

LAPORAN KORPS KENAIKAN PANGKAT PERWIRA

Direktur Zeni Angkatan Darat Kolonel Czi Zainal Arifin S. IP.  Memimpin acara pada acara laporan …