Home / Buletin Militer / Jembatan MGB ( Medium Girder Bridge ) Zeni TNI AD

Jembatan MGB ( Medium Girder Bridge ) Zeni TNI AD

Satuan Zeni mempunyai tugas pokok untuk memperlancar gerak maju pasukan kawan, menghambat gerak maju pasukan musuh selama mungkin dan menjamin kelangsungan hidup pasukan kawan. Jembatan MGB  (Medium Girder Bridge) akan mampu melayani kebutuhan satuan melakukan manuver baik dalam operasi militer perang (OMP) maupun kebutuhan bantuan kemanusiaan (Civic Mission) untuk bantuan bencana alam (OMSP)  Salah satu bentuk pemberian dukungan dalam rangka memperlancar gerak maju pasukan kawan dilakukan dengan cara menyiapkan konstruksi jembatan bagi pasukan kawan dalam penyeberangan sungai;

Jembatan Medium Girder Bridge (MGB) merupakan jembatan taktis militer sederhana yang berfungsi untuk menyeberangkan material maupun dukungan logistik.Jembatan ini mempunyai daya dukung yang besar, pemasangannya sangat praktis dan mampu menahan beban lintasan dengan kapasitas 60 ton. Alat ini dirancang dan ditujukan untuk penggunaan di daerah depan, rute perbekalan ulang dan pada operasi penanggulangan  bencana alam.

Girder adalah panel/bay yang disusun menjadi gelagar jembatan dimana letak kekuatan pada gelagar jembatan. Medium adalah campuran bahan dasar jembatan dari alumunium dengan komposisi khusus sehingga ringan dihadapkan pada bobot keseluruhan jembatanbila  dibandingkan dengan jembatan Bailley.   Jadi MGB adalah jembatan yang terdiri dari dua jembatan gelagar dek,permukaan balok dan unit dek diletakkan di antara gelagar dek  membentuk jalan lebar 4.01m.

Selain daya sanggah yang besar, konstruksi MGB memiliki kelebihan yaitu mudah dalam melaksanakan bongkar pasang dan mudah dalam perawatan.Berat MGB relatif  lebih ringan dan mudah diangkut serta mampu beradaptasi sehinggajembatan ini dapat dipasang dengan jumlah personel relatif kecil dari satu peleton satuan Zeni.

Cara kerja alat sesuai petunjuk pemakaian/penggunaan dengan benar yaitu dimulai dari pemasangan sampai dengan pengoperasian akan menghasilkan  konstruksi jembatan yang benar dan akurat,untuk itu perlu adanya penjelasan terhadap cara pemasangan alat Jembatan taktis MGB ini.Adapun perbedaan yang mendasar pada penggunaan alat iniadalah dengancara manual.Dalam pemasangan Jembatan Taktis MGB terdapat 3 (tiga) model yaitu Singel Storey, Double Storey dan Double Storey With Link Reinforment Set. MGB  (Medium Girder Bridge) harus dipahami benar mengenai nama-nama bagian, cara pemakaian maupun ketentuan-ketentuan yang harus dilaksanakan sebelum jembatan tersebut dipasang guna menghindari adanya kesalahan dalam pemasangan. Perlakuan yang baik dan benar terahadap materiil jembatan akan dapat memperpanjang usia pakai jembatan tersebut.

Medium Girder Bridge (MGB) punya keunggulan dalam fleksibilitas penggelaran, namun saat dituntut untuk menyeberangkan Main Battle Tank (MBT) Leopard 2A4 Ri yang bobotnya mencapai 62 ton, tentu menjadi sangat riskan, mengingat kapasitas MGB yang hanya 60 ton, alias untuk menghantarkan tank ringan dan sedang.

Dalam simulasi penyeberangan, batalyon MBT Leopard 2A4 memang didukung oleh Leopard 2 Beaver AVLB (Armored Vehicle Launched Bridge) atau tank bridgelayer, namun Leopard pembawa jembatan lipat ini hanya sanggup membentangkan jembatan sejauh 22 meter. Bila sekedar menyeberag ke parit, rasanya pas dengan dukungan tank bridgelayer, tapi lain cerita bila MBT Leopard harus melintasi sungai yang lebar. Problem ini saja dirasakan untuk menyeberangkan MBT, melainkan truk besar untuk dukungan logistik juga membutuhkan solusi yang sama.

Untuk urusan yang satu ini, Korps Zeni mengandalkan dua tipe jembatan darurat, yaitu jembatan ponton (pontoon bridge) dan jembatan Bailey (Bailey bridge). Jembatan ponton merupakan penggabungan dari wahana apung yang dideretkan membentuk jalur yang bisa dilewati manusia maupun kendaraan dengan bobot maksimum tertentu. Contoh yang paling dekat tentang ponton, Zeni TNI AD kedepan akan diperkuat 18 unit M3 Amphibious Rig dari Ceko. Saat ini Satuan Zeni yang mempunyai Jembatan MGB  (Medium Girder Bridge) hanya Zipur 9.

Video Jembatan MGB  (Medium Girder Bridge)

About admin

Check Also

LAPORAN KORPS KENAIKAN PANGKAT PERWIRA

Direktur Zeni Angkatan Darat Kolonel Czi Zainal Arifin S. IP.  Memimpin acara pada acara laporan …