Home / Buletin Militer / PENATARAN PENGAWAS LAPANGAN TA 2018 OLEH BADAN PELAKSANA PENGADAAN DITZIAD

PENATARAN PENGAWAS LAPANGAN TA 2018 OLEH BADAN PELAKSANA PENGADAAN DITZIAD

Konstruksi merupakan suatu kegiatan membangun sarana maupun prasarana. Dalam sebuah bidang arsitektur atau teknik sipil, sebuah konstruksi juga dikenal sebagai bangunan atau satuan infrastruktur pada sebuah area atau pada beberapa area. Secara ringkas konstruksi didefinisikan sebagai objek keseluruhan bangunan yang terdiri dari bagian – bagian struktur. Konstruksi dapat juga didefinisikan sebagai susunan (model, tata letak) suatu bangunan (jembatan,rumah, dan lain sebagainya).

Sistem bangunan.       Sebuah sistem dapat di definisikan sebagai suatu susunan bagian-bagian yang saling berhubungan atau saling tergantung satu sama lain yang membentuk sebuah kesatuan kompleks dan berlaku untuk satu fungsi. Sebuah bangunan dapat diartikan sebagai wujud fisik dari beberapa sistem dan subsistem yang saling berhubungan, terkoordinasi, terintegrasi satu sama lain sekaligus dengan wujud tiga dimensinya, serta organisasi spesialnya secara utuh

Sistem Struktural.       Sistem struktural sebuah bangunan dirancang dan dikonstruksi untuk dapat menyokong dan menyalurkan gaya gravitasi dan beban lateral ke tanah dengan aman tanpa melampaui beban yang diizinkan atau yang dapat ditanggung oleh bagian-bagian sistem struktur itu sendiri.

  1. Substruktur atau struktur bawah: adalah struktur dasar yang membentuk pondasi sebuah bangunan.
  2. Struktur: berupa kolom, balok, dan dinding penopang menyokong struktur lantai dan atap.
  3. Super struktur atau struktur atas: adalah perpanjangan vertikal bangunan di atas pondasi. Dari elemen-elemen bangunan tersebut diatas, selanjutnya dapat disusun sedemikian sehingga sesuai dengan fungsinya masing-masing dan seefisien mungkin, karena elemen yang satu terhadap yang lain saling berkaitan menjadi satu kesatuan yaitu yang disebut gedung atau rumah.

Sistem Selubung.  Sistem selubung merupakan cangkang atau selimut bangunan yang terdiri dari atap, dinding eksterior,  jendela,  dan pintu.

  1. Atap dan dinding eksterior melindungi ruang – ruang interior dari cuaca, mengkontrol kelembaban, panas, dan aliran udara dengan susunan lapisan komponen konstruksi.
  2. Dinding eksterior dan atap juga meredam kebisingan, serta memberikan keamanan dan privasi bagi penghuni bangunan.
  3. Pintu memberikan akses fisik.
  4. Jendela memberikan akses terhadap cahaya, udara, dan pemandangan.
  5. Dinding interior dan partisi membagi ruang interior bangunan menjadi satuan ruang -ruang yang lebih kecil.

Salah satu Fungsi Zeni Angkatan Darat adalah Konstruksi yang berada di bawah Subditbinfasjasa Ditziad yang salah satu tugas pokoknya adalah merencanakan konstruksi bangunan militer yang dituangkan di dalam prototype, sedangkan untuk pelaksanaan pengadaan konstruksi dilaksanakan oleh Badan Pelaksana Pengadaan Ditziad.

Untuk menghasilkan konstruksi yang baik dari pekerjaan yang dilaksanakan oleh mitra yang menang dalam kontrak pengadaan konstruks harus sesuai dengan spesifikasi, gambar dan mutu yang sesuai dengan standar bangunan militer. Tugas dari personil pengawas bangunan merupakan ujung tombok dalam memeriksa setiap tahapan pekerjaan sesuai dengan laju perkembangan fisik pekerjaan. Profesionalisme prajurit Zeni dibidang konstruksi harus sesuai dengan mutu standarisasi bangunan yang sudah tertuang didalam kontrak.

Untuk meningkatan profesionalisme personil pengawas lapangan maka secara rutin setiap awal tahun anggaran dilaksanakan Penataran Pengawas Lapangan, diharapkan dengan adanya penyegaran ilmu konstruksi diantaranya :

  1. Mengetahui kontrak pekerjaan konstruksi.
  2. Membaca gambar konstruksi.
  3. Mengerti tahapan pekerjaan dari struktur pondasi, lantai,dinding dan atap .
  4. Laporan kemajuan progress/persentasi pekerjaan (Grafik S)
  5. Dapat menghitung pekerjaan tambah kurang yang telah dikerjakan oleh mitra.
  6. Mengetahui management konstruksi (kelengkapan ruang direksi kit, contoh material, buku risalah direksi, laporan pekerjaan harian/mingguan, buku tamu, uji fungsi dll)
  7. Laporan kemajuan fisik pekerjaan perminggu secara online yang terkoneksi langsung ke komando atas.

Pada Tanggal 22 Januari 2018 sd 9 Februari 2018 , Badan Pelaksana Pengadaan Ditziad Mengadakan Penataran Pengawas Lapangan Di Kantor Markas Direktorat Zeni Angkatan Darat.

Adapun Pengarahan Dirziad dan Penekanan Kabalakada Ditziad pada saat penutupan penataran adalah sebagai berikut :

  1. Peserta Tarwaslapyek 2018 harus mengerti tugas, wewenang dan tanggung jawabnya.
  2. Bisa membaca gambar konstruksi, ilmu membangun konstruksi mulai dari pondasi, lantai,dinding dan atap .
  3. Kontrol pengwasan yang ketat ( Tes/Uji fungsi, Grafik S dan batasan di dalam kontrak).
  4. Manfaatkan pembekalan, mental disiplin dan jaga nama baik.
  5. Sebelum tim PPHP turun ke lapangan cek ulang hasil pekerjaan konstruksi secara cermat.

Dengan adanya penataran tersebut diharapkan personel yang telah berpartisipasi dapat melaksanakan tugasnya sebagai pengawas lapangan dengan baik dan benar sesuai dengan Buku Petunjuk Teknis Konstruksi  TNI AD.

Laporan Kabagwas Balakada kepada Dirziad

Pada Jam Dirziad ke peserta Penataran Waslapyek 2018

Dirziad sedang memberikan arahan kepada peserta  Penataran Waslapyek 2018

Peserta  Penataran Waslapyek 2018

Pembukaan Penataran Pengawas Lapangan oleh Kabagwas Balakada Ditziad

Pengarahan

Apel Pagi

Praktek Lapangan Struktur Lantai

Materi Pelajaran di Kelas

Praktek Lapangan

About admin

Check Also

LAPORAN KORPS KENAIKAN PANGKAT PERWIRA

Direktur Zeni Angkatan Darat Kolonel Czi Zainal Arifin S. IP.  Memimpin acara pada acara laporan …