PERSIT

PERAN ISTRI PRAJURIT TNI SEBAGAI MOTIVATOR SUAMI
DALAM MENGHADAPI TANTANGAN TUGAS DI MASA YANG AKAN DATANG

Oleh : Ny Adi Ilham Zamani S.Psi
Anggota Persit Kartika Chandra Kirana
Koorcab Ditziad PG Mabesad

persit“ Behind every great man there’s a great woman “, merupakan suatu kutipan kecil yang maknanya sangat luar biasa apabila kita benar-benar memahaminya secara mendalam. Seringkali kita temui di dalam kehidupan nyata bahwasanya seorang lelaki yang kehidupannya sukses tidak lepas dari andil maupun peran serta seorang wanita yang sangat luar biasa sebagai pendamping hidupnya.

Layaknya makhluk sosial biasa kita pasti akan melalui sebuah fase rumah tangga di dalam siklus kehidupan ini dimana seorang lelaki akan memilih wanita sebagai pendamping hidupnya sedangkan seorang wanita akan menentukan lelaki pilihannya yang akan menjadi tulang punggung di dalam keluarganya kelak.

Merupakan suatu kebahagiaan maupun kebanggaan tersendiri bagi seorang wanita apabila dapat menjadi pendamping hidup seorang Prajurit TNI yang sepenuhnya mendedikasikan dirinya demi tegaknya merah putih serta utuhnya NKRI. Namun dibalik kebahagiaan dan kebanggaan tersebut terkandung makna maupun tanggung jawab yang luar biasa besar apabila dibandingkan dengan ibu rumah tangga biasa. Hal ini disebabkan setelah menyatakan diri bersedia untuk dipersunting secara resmi oleh seorang Prajurit TNI aktif maka otomatis pada saat itu juga seorang wanita tersebut akan menjadi anggota Persit Kartika Chandra Kirana, dimana salah satu tugas pokoknya adalah sebagai motivator suami dalam menjalani kehidupannya sebagai seorang Prajurit TNI dalam menghadapi tantangan tugas di masa yang akan datang.

Perlu dipahami sebagai seorang istri Prajurit TNI bahwa “Tour Of Duty” suami adalah suatu hal yang biasa. Hal tersebut bukanlah merupakan suatu resiko yang menakutkan, apabila ada yang masih beranggapan seperti itu maka segera ubahlah mind set tersebut menjadi sebuah tantangan tersendiri didalam mengarungi kehidupan sosial sebagai Keluarga Besar TNI.

Sebagai seorang anggota Persit KCK, banyak hal yang dapat diperankan untuk memotivasi seorang suami didalam menjalankan tugas pokok kesehariannya pada saat ini maupun pada masa yang akan datang. Peran yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut :

1.      Selalu Berkreasi dan Berinovasi

Kreatifitas dan Inovasi seorang istri Prajurit TNI sekaligus anggota Persit Kartika Chandra Kirana sangatlah diperlukan dalam mendukung terlaksananya tugas pokok suami. Kreasi serta inovasi yang tercipta dapat mengembangkan potensi yang selama ini terpendam didalam diri sendiri. Salah satu metodenya adalah dengan cara membuka dan menambah wawasan melalui berbagai media seperti tabloid, majalah, internet, televisi, dll. Dengan berbekal wawasan, pengetahuan serta kemampuan dasar yang didapat tersebut, cobalah untuk sharing dengan anggota Persit KCK lainnya sehingga dapat saling melengkapi satu sama lainnya dan mampu menciptakan suatu inovasi baru yang menghasilkan kreatifitas murni dari hasil pemikiran para istri Prajurit sekalian dalam menunjang terlaksananya tugas pokok suami, baik yang sedang bertugas di dalam negeri maupun di luar negeri.

 

2.      Bijaksana Dalam Menyikapi Suatu Masalah

Masalah merupakan suatu hal yang tidak dapat terpisahkan dalam dinamika kehidupan manusia, masalah selalu datang dan pergi silih berganti layaknya siang dan malam. Tak terkecuali bagi seorang istri Prajurit TNI pun pasti mempunyai suatu masalah, baik yang datangnya dari internal maupun eksternal. Menyadari hal tersebut, demi menunjang karier serta sebagai motivator seorang suami, seorang istri haruslah memiliki sikap dan pemikiran yang dapat dengan segera menyelesaikan permasalahan yang ada dengan cara bijaksana. Cobalah menjadi “juri” yang adil didalam menghadapi suatu permasalahan, hindari emosi serta pengambilan keputusan sepihak. Pelajari sebab maupun akibat dari permasalahan yang terjadi, jangan hanya melihat akibatnya saja dari satu sisi, tetapi harus dipertimbangkan juga sebab terjadinya permasalahan tersebut dari perspektif yang lain. Diyakini dengan mengambil langkah tersebut sebagai dasar bertindak, maka akan tercipta suatu keputusan bijaksana dan adil dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi.

3.      Selalu Berpikiran Positif

“Tak ada gading yang tak retak”, peribahasa itulah yang mengilhami bahwa setiap manusia pasti memiliki kelebihan maupun kekurangan didalam kehidupannya. Implikasi dalam kehidupan sehari-hari bahwa setiap makhluk sosial yang berinteraksi pasti akan memiliki suatu keterkaitan emosional baik yang bersifat positif ataupun negatif. Demi menciptakan sinergitas yang harmonis positif antara sesama anggota Persit KCK maupun dengan Prajurit TNI nya sendiri, maka dari pada itu dibutuhkan suatu pemikiran positif yang dapat menghasilkan energi positif baik dalam hubungan suami-istri, keluarga maupun pekerjaan. Norman Vincent Peale, seorang pengajar Positive Behavior menyatakan,“You are what you think and you get what you think”. Orang yang berpikir positif akan mendapatkan energi positif yang akan membantu hidup, pekerjaan, pernikahan dan masa depannya sendiri. Oleh karena itu budayakanlah selalu berpikir positif terhadap sesama, terlepas dari segala kekurangan yang dimiliki oleh setiap manusia.

4.      Pandai Bersosialisasi

Kehidupan sosial yang dijalani oleh seorang istri Prajurit TNI sangatlah berbeda dengan ibu rumah tangga biasa. Hal ini dikarenakan dinamika tugas Prajurit TNI yang tinggi sehingga mau tidak mau istri harus mengikuti perkembangan tersebut. Hal ini berimplikasi pada kehidupan sosial seorang istri prajurit dikarenakan harus mengikuti serta mendampingi kemanapun suami berdinas. Menyikapi hal tersebut seorang istri prajurit haruslah memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi serta harus pandai bersosialisasi dengan lingkungan yang baru dimanapun berada dalam waktu yang singkat, mengingat peran istri dalam mendukung karier suami sangatlah besar, utamanya dalam membina kehidupan sosial dengan sesama istri prajurit maupun dengan prajurit lainnya.

5. Pribadi Yang Mandiri

Kemandirian merupakan salah satu sifat dasar yang harus dimiliki oleh seorang istri Prajurit TNI. Dengan dinamika kegiatan suami yang cukup tinggi, seorang istri dituntut untuk dapat melaksanakan tugas kesehariannya sebagai seorang istri, ibu rumah tangga maupun anggota Persit KCK secara mandiri. Berbekal kemandirian tersebut, hendaklah senantiasa istri prajurit mengaplikasikannya didalam kehidupan sehari-hari, sehingga apabila suatu saat seorang Prajurit TNI harus meninggalkan keluarga demi menjalankan perintah negara maka istri yang ditinggalkan mampu survive dengan segala resources yang ada. Dengan demikian peran istri dalam hal kemandirian dapat meringankan beban suami selama melaksanakan tugas yang diemban meskipun terpisah jarak dan waktu.

Berdasarkan uraian secara singkat diatas mengenai peran istri prajurit,  dapat dipahami dan dimengerti pentingnya peran-peran tersebut dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam mendukung serta memotivasi suami dalam menghadapi segala tantangan tugas yang dihadapi, baik pada saat ini maupun di masa yang akan datang.

Aplikasikan peran-peran tersebut dalam kehidupan sehari-hari tatkala suami berdinas dimanapun juga. Pada dasarnya segala kebaikan akan mendatangkan manfaat yang positif baik bagi diri sendiri, keluarga maupun lingkungan sekitar kita. Oleh karena itu budayakan berbuat kebaikan secara ikhlas dimanapun dan kapanpun berada tanpa mengharap pamrih.

Multi peran yang dijalankan inilah yang diharapkan dapat tertanam dalam jiwa seorang istri prajurit, tak hanya sebagai ibu yang melindungi dan menyayangi keluarga namun sebagai penopang dan pelindung jiwa dan raga suami serta mampu menjadi pribadi yang mandiri, cerdas, berwawasan luas yang selalu mengembangkan dirinya  dan cinta akan tanah air Indonesia.

DIREKTUR ZENI

2
BRIGJEN TNI M. MUNIB, S.I.P.

PROFIL ZENI AD
Jumlah Pengunjung

free counter

Certaines personnes disent que le mariage est une occasion solennelle, et seulement un longeur mariage était digne et élégant, maintenant cette opinion est trop tradition. Si laRobe de mariée mariée ne pas dérangé , il peut essayer une robe courte. La mariée courte qui coûte moins de matière, à moindre coût, le prix est naturellement plus abordable. Surtout la épouses petite, la mariée courte vous fait paraître plus sophistiquée.
Andas organza bröllop för bruden att bära ganska tunn. Visa din perfekt kropp. Spets charm, så du gör den vackraste bruden.Spets har alltid varit populärt på senare år.Lite mikrolins bröllop. Hotande känsla är mycket mer utsatta än sexig, genombrutna spets brud brudklänning, kjol Puff En vackerbröllopsklänningargrekisk gudinna axel diamant spets brudklänning, eleganta vackra färska vattenlösliga spets blommor. Ren skönhet. Det älskar.Kvinnan tillbaka mjuka linjer, människor ofta få en känsla av oändlig frestelse. Fall 2016 fashion show golvet, ryggen full av detaljer
Li Ning · 2016 Sudirman Cup world mixed team badminton championship in Guangzhou successfully concludedof, in these days, the New Cheap Jersey of China became the hot topic in everyone.In the match, many people found that Chinese athletes shirts was being washed up, like stick in the body and seems to sweat poor.But after the interview of yesterday and know that, although already the shirts was soaked from the surface, but the athletes did feel very dry and comfortable, which is New cheapcheap jerseys Jersey’s high-tech location.
Hanzhengjie clothing wholesale market in Wuhan-Hanzhengjie Hankou is the earliest history of Central Street, thousands of merchants, commodity flow of the land dispute. Hankou’s name can be said to be named because of Shaanxi traders, namely the Han River into the Yangtze River mouth. The HankouWholesale jerseys prosperous, and Hanzhengjie inseparable. Mainly in three Shu Street, Canton Lane, large folder Street and a new street along the perimeter, with the center of the mall, the youngest town building two large apparel clothing indoor market. Business area dating square meters, nearly 2,000 business households.
ANTA-ANTA Sports Products Limited, referred to as ANTA Sports, Anta, is China’s leading sporting goods companies, mainly engaged in the design, development, manufacture and marketing of ANTA brand sporting goods, including sports footwear, apparel and accessories. Anta sweatshirt design advantages, warm stretch knit fabric, using Slim version of model, more personal fit, bid farewell to bloated, so Wholesale jerseyswearing more stylish.GUIRENNIAO-This logo is a spiritual totem, smooth graphics implication unstoppable force; flexible deliver an elegant arc movement, strength and speed of the United States, a symbol of passion and rationality publicity “Heart” and “meaning”, “concept” unity; pass the fearless and enterprising mind, showing beyond the realm of self, to unstoppable force to create the future.
There are a lot of fans in identifying the authenticity of the above cheap jerseys have great distress, so here to i will show you some methods to definitely affordable inexpensive cheap jerseys : Firstly, we should look at if it is working fine. China has been called the world’s factory, a lot cheap jerseys factories in China have foundries, but our cheap jerseys are all from here! Secondly, should to see whether it is the , we all know that it is difficult to get out of print once a genuine cheap jersey was print. and we have all kind of stocka on the whole website, in other words, we have all you want ! Finally, look at the price, our price is not necessarily the lowest in the whole website but it must be most fair on the whole website, we certainly you will not regret later when you buy it. Of course, except that cheap cheap jerseys jerseys, we also have the other products, such as socks, leggings and some other related products, everyone can enjoy the best services of here!